Minggu, 16 Oktober 2011

Bule Cantik Ini Mengajar di SMA Muhammadiyah

Bagi Gretchen, kedatangannya ke Indonesia boleh dibilang modal nekat. Sebab, sebelum menginjakkan kakinya di Indonesia, ia sama sekali tak mengenal negeri ini, mulai dari bahasa, budaya, keadaan geografis, sampai makanannya. Namun, tak disangka, dengan mengajar Bahasa Inggris di Indonesia, ia merasa berkesan serta menikmati hidup dan mengajar di Indonesia, khususnya di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.



“Saya kagum pada semangat siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Mereka memiliki respek yang besar pada guru-guru dan sangat memanfaatkan kesempatan proses belajar dengan native-speaker,” kata Gretchen seperti dilaporkan jurnalis warga, Eddy Roesdiono, di Kompasiana, Selasa (4/10/2011). Kompasianer ini menulis profil Gretchen, perempuan warga Amerika Serikat.



“Gretchen Karin Knoth (21), gadis belia asal Portland, Maine, AS, ini gembira sekali ketika lamarannya untuk menjadi guru Bahasa Inggris pada program FLTA di Indonesia diterima,” tulis Eddy.

FLTA atau Foreign Language Teaching Assistant adalah program pertukaran guru antara Indonesia dan Amerika yang digagas Departemen Luar Negeri AS dan didanai hibah lembaga Fulbright.

Eddy menambahkan, Gretchen mulai mengajar Bahasa Inggris sebagai asisten guru pada SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Jawa Timur, September 2011, dan ia akan mengajar di sekolah itu sampai Mei 2012.

Menurut Eddy, Gretchen mahasiswa undergraduate (setara S1) bidang Antropologi dari Bryn Mawr College, yang sebelumnya tidak pernah ke Indonesia dan tidak banyak tahu mengenai Indonesia kecuali fakta bahwa Indonesia adalah salah satu negara berkembang di Asia. “Saya bahkan tidak bisa berbicara bahasa Indonesia sama sekali ketika pertama kali menjejakkan kaki di Indonesia. Namun, saya benar-benar ingin merasakan tinggal di Indonesia,” ujar Gretchen seperti ditulis Eddy.

Sebagai seorang non-Muslim, Gretchen mengaku mengajar di sebuah sekolah Muslim sangat menyenangkan.


Tidak ada komentar: