Jumat, 19 Agustus 2011

Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran


Anda sudah merencanakan untuk mudik di lebaran tahun ini?? Ketika waktunya tiba, Anda siap berangkat dengan harapan mendapat kegembiraan. Berbagai benda penting telah masuk ke dalam koper, namun ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan yaitu keamanan rumah.



Tentunya Anda tidak ingin kehilangan benda-benda berharga yang ada di dalam rumah selama Anda mudik ke kampung halaman bukan??  Jadi untuk memastikan rumah tetap aman selama mudik, Anda bisa mengikuti lima tips dari frommers.com berikut ini:

1. Libatkan tetangga

Sebagai orang yang paling dekat di lingkungan rumah, mintalah bantuan tetangga untuk menjaga rumah selama Anda sedang berlibur. Atau menitipkan rumah dengan keluarga dekat yang berada di sekitar lingkungan Anda.

Pastikan Anda juga memberikan nomor yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu ada masalah yang berhubungan dengan rumah. Setelah kembali, pastikan untuk memberi sesuatu sebagai ucapan terima kasih berupa souvenir dari daerah  Anda atau benda lainnya.

2. Jangan sesumbar

Sebagian dari Anda mungkin ingin membual tentang liburan yang akan dilakukan, tapi ada baiknya menyimpan cerita itu sampai Anda telah kembali ke rumah. Beritahukan saja kepada orang yang Anda percaya. Bersikap hati-hati perlu jika menyangkut benda-benda berharga yang ada di rumah.

3. Biarkan beberapa lampu menyala

Mintalah kepada tetangga Anda untuk menyalakan beberapa lampu ketika malam datang. Ini untuk memastikan orang tahu ada kegiatan di rumah Anda. Minta juga kepada mereka untuk mematikan lampu ketika pagi menjelang. Bila lampu terus menyala di siang hari kemungkinan orang akan tahu jika tidak ada orang di rumah.

4. Hentikan semua pengiriman

Salah hal yang memperlihatkan jika rumah Anda kosong adalah jumlah surat kabar yang tergeletak di teras depan. Anda tentunya tidak ingin hal ini menjadi sesuatu yang memicu kehilangan benda-benda penting di dalam rumah. Jadi, untuk sementara berhentilah berlangganan koran sampai saat Anda kembali dari mudik.

Jika ada yang hendak mengirimkan barang, Anda bisa memintanya untuk mengirimkannya pada tanggal kepulangan.

5. Matikan benda-benda elektronik yang tidak perlu

Pastikan benda-benda elektronik sudah dalam kondisi mati saat Anda tinggalkan. Selain menjaga keamanan, ini juga berfungsi untuk menghemat biaya jika Anda berlibur dalam jangka waktu yang cukup lama.


Sumber : rumahwanita.com

Tidak ada komentar: