Minggu, 14 Agustus 2011

Kandungan dan Khasiat Jengkol


1.  Jengkol kaya akan zat besi dan jika kita kekurangan zat besi dapat mengakibatkan Animea. Kandungan zat besi di jengkol adalah 4,7 gram/100 gram atau 47 gram/kg. Sakit anemia bisa dilihat dari wajah yang pucat, kelelahan, lemah, kurang bergairan, mudah pusing, mudah marah, sulit berkonsentrasi dan rentan terhadap infeksi.



2.  Jengkol sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang karena terbukti tinggi kalsium. Kandungan kalsium pada jengkol adalah 140 mg/100 gram. Selain menjaga kesehatan tulang, dengan makan jengkol makan akan membantu dalam pembentukan gigi dan mengatur proses biologis tubuh. Selain memiliki kandungan kalsium yang besar (saya pernah baca dari artikel) kalau jengkol juga mengandung fosfor sebesar 166,7 mg/ 100 gram. Seperti yang kita ketahui kalau kandungan fosfor sangat baik dalam pembentukan gigi dan tulang.
  
3.  Senyawa aktif pada kulit jengkol juga cendrung mengurangi kadar gula darah sehingga cocok untuk penderita diabetes.


Tidak hanya itu lo manfaat jengkol, menurut penelitian ternyata jengkol memiliki kandungan protein yang melebihi Tempe. Kandungan protein pada jengkol sebesar 23,3 gram/100 gram sedangkan tempe 18,3 gram/100 gram. Protein kan dikenal sebagai zat pembangun yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan membangun enzim, hormon, dan imunitas.


Kandungan vitamin C dalam jengkol juga cukup besar nih guys!! Sekitar 80 mg/100 gram. Seperti yang kita semua tau kalau vitamin C sangat besar manfaatnya sebagai pembentukan imun, mencegah sariawan, pembentukan hormon steroid dari kolesterol, mengubah asam folat menjadi asam fonilat, dll.

Makanya waktu saya tau kalau jengkol punya banyak manfaat, saya malah lebih sering makan jengkol agar badan selalu sehat. Pasti kalian pada takut dengan baunya yang menyengat dan pasti males banget buat makan jengkol. Tapi ada caranya nih biar bau jengkol berkurang, begini nih caranya :


1.  Rendam jengkol didalam baskom lalu campuran kapur sirih secukupnya selama 2-3 jam sebelum dimasak.

2.  Rebus jengkol setengah matang, lalu dimemarkan dengan dipukul lalu rendam kembali kedalam air kapur sekitar 30 menit. Setelah itu bersihkan dan dimasak lagi.

3.  Setelah makan jengkol, sebaiknya kalian makan ketimun karena ketimun banyak mengandung air dan zat yang bisa menetralisir bau.

4.  Perbanyak minum air agar lebih sering ke kamar mandi .. hehe,


Bagi yang membenci jengkol, Please don’t gudge a book by the cover guys !! Semoga artikel saya bisa bermanfaat buat semuanya dan makin banyak yang cinta sama jengkol.


Sumber : entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com

Tidak ada komentar: