Jumat, 23 September 2011

Tiga "Web Heroes" yang Menginspirasi

Bulan September 2011, Google Chrome memilih 3 web heroes dari Indonesia. Tujuannya adalah menunjukkan pada masyarakat bahwa internet adalah media yang luas. Lebih dari sekedar media untuk mencari dan melihat, internet bisa digunakan untuk menciptakan sesuatu.

Dani Kusuma adalah satu dari tiga web heroes. Ia membuat akun email lia.tersayang@gmail.com ketika anak perempuannya lahir. Tiap hari, ia mengirimkan pesan kepada putri kesayangannya, meski sang putri tentu belum bisa membaca email itu kala masih bayi. Email pertama misalnya, berisi ucapan, "Selamat Datang!" dan dikirimkan sesaat setelah putrinya lahir.


Ia juga mengirimkan rekaman video singkat menunjukkan bahwa putrinya sudah bisa tertawa. Ada pula email lain yang berisi ucapan selamat ketika memiliki adik. Seluruh email disimpan hingga putri Dani berusia 7 tahun. Dalam salah satu email, Dani mengungkapkan ketidaksabarannya untuk berbagi dengan putrinya, menunjukkan apa yang telah dilakukannya. Akhirnya, saat usia putrinya mencapai 7 tahun, Dani pun melakukannya.

Valencia Randa, web heroes lain, punya cerita yang tak kalah menyentuh. Bermula dari berita minimnya stok darah di PMI, ia membentuk komunitas maya pendonor darah. Dasarnya satu, siapa pun punya darah untuk didonorkan dan bisa mengatasi kesulitan orang lain dengan cara tersebut. Tak memakan waktu lama, jumlah anggota komunitas maya ini pun bertambah dan beragam peran dilakukan.

Misalnya, saat salah satu anggota posting lewat email membutuhkan golongan darah O-, anggota lain segera tanggap, menyebarkan pesan dan memberi donor darah. Dengan gerakan yang dilakukan, Blood for Life berhasil mengubah konsep keluarga yang biasanya hanya terbatas pada ayah, ibu, paman dan bibi. Salah satu anggota ketika tertolong memposting pesan, "Kini kalian juga keluarga." dan "Darah kalian mengalir pada anak saya."

Web heroes terakhir adalah Indonesia Berkebun yang kisahnya tentu sudah banyak diketahui. Komunitas yang dimotori Ridwan Kamil dan Shafiq Pontoh ini sukses mengajak masyarakat mengisi lahan kosong dengan berkebun. Dalam 6 bulan, gerakan komunitas ini berhasil menyebar ke 14 kota. Seluruh cerita para Web Heroes Google Chrome tersebut bisa disaksikan di YouTube. Cerita juga ditayangkan di televisi sebagai bentuk dari iklan pertama Google Chrome di Indonesia, disiarkan mulai 10 September lalu hingga 8 Oktober mendatang.

Henky Prihatno, Indonesia Country Consultant Google mengatakan bahwa iklan Google Chrome yang menggaet tiga web heroes tersebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa masyarakat pun bisa menggunakan Google Chrome untuk berkreasi. "Google Chrome adalah pintu gerbangnya," kata Henky. Google menyediakan beberapa keunggulan seperti akses yang lebih cepat dan beberapa fitur seperti Google Extension dan Webstore, mendukung tiap individu atau komunitas untuk berkarya.

Meski merupakan iklan, Shafiq mengatakan, cerita-cerita para web heores bisa menjadi inspirasi untuk berkarya lewat internet. Ia mengatakan bahwa internet memudahkan seseorang untuk mewujudkan kreatifitas dan misinya.

"Waktu saya melihat respon orang ketik Indonesia Berkebun ada, saya membayangkan betapa powerful internet. Jika saya melakukannya beberapa tahun lalu tanpa internet, saya tidak yakin akan mencapai ini," kata Shafiq di acara Social Media Festival di Jakarta, Kamis (22/9/2011).

Shafiq mengajak setiap individu untuk berkarya dan menggali potensi di internet. Sementara Hengky mengatakan bahwa internet bisa mendukung apa saja. "Anda bisa melakukan apa pun sesuai passion masing-masing, internet menjadikannya lebih mudah," katanya.


Sumber : KOMPAS.com

Tidak ada komentar: