Jumat, 23 September 2011

Serba – Serbi Komedo dan Cara Mengatasinya

Penampilan anda akan terlihat kusam jika si bintik hitam ”komedo” bertebaran di wajah. Banyak cara praktis untuk menghilangkannya, salah satunya dengan pore strips. Tapi jika Anda tidak rajin merawat kulit wajah, komedo tetap saja mengganggu penampilan.

Komedo muncul dipicu oleh Polusi dan kelembapan udara, terutama udara panas sehingga mempengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak kulit menjadi lebih aktif.

Ada baiknya Anda mengetahui lebih dalam mengenai Komedo dan cara perawatannya.


  • PENYEBAB MUNCULNYA KOMEDO


1. Kulit wajah tidak bersihan
2. Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau kosmetik
3. Sekresi minyak berlebih.

  • JENIS KOMEDO


1. Komedo terbuka (black head) yaitu gumpalan massa sebum yang tampak seperti titik hitam pada permukaan kulit wajah dan tidak tertutup oleh epitel kulit, sehingga mudah dikeluarkan

2. Komedo tertutup (white head) yaitu gumpalan massa sebum yang terjadi di bawah permukaan kulit. Terlihat seperti titik putih kekuningan. Permukaannya tertutup oleh epitel kulit membuat sulit untuk dikeluarkan.

  • PERAWATAN


Pagi hari :

1. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang sesuai jenis kulit. Pilih pembersih yang mempunyai fungsi ganda selain membersihkan juga melembapkan, mencerahkan, melembutkan dan menjaga elastisitas kulit.
2. Gunakan penyegar wajah yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, menambah kelembutan dan kelembapan kulit. Pilih yang sesuai jenis kulit.
3. Oleskan pelembap sebelum bepergian untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Malam hari :

1. Bersihkan wajah dengan pembersih, lalu segarkan dengan penyegar.
2. Gunakan krim mata untuk mencegah kerutan di seputar mata. Diamkan beberapa saat, lalu hapus dengan menggunakan kapas.
3. Oleskan krem malam secara tipis dan merata pada kulit wajah yang berfungsi untuk menambah nutrisi, mencegah dan mengurangi kerut pada kulit wajah.

Seminggu Sekali :

1. Bersihkan wajah dengan pembersih sesuai jenis kulit.
2. Gunakan krim penghalus wajah sesuai jenis kulit. Usapkan dengan gerakan memutar pada daerah kulit kasar dan berkomedo. Lakukan 2 menit lalu bilas dengan air.
3. Bila kulit Anda kering, pijat wajah perlahan dengan krim urut yang mengandung minyak zaitun dan vitamin    A. Berfungsi untuk menjaga dan merawat vitalitas kulit wajah. Lakukan selama 10-15 menit. Bisa dilakukan pada bagian tubuh lain.
4. Gunakan masker yang mengandung ekstrak tanaman bidari laut dan sari jeruk nipis yang bermanfaat mengurangi lemak, mengencangkan dan menghaluskan kulit. Oleskan ke seluruh wajah, kecuali lingkar mata, bibir dan lubang hidung.
5. Setelah kering, bilas dengan air hangat atau dingin dan angkat masker dengan menggunakan spon masker.
6. Usapkan penyegar untuk mengembalikan kesegaran kulit.


Sumber : Rumahwanita.com

Tidak ada komentar: