Pernah gak waktu kamu mau pergi ke mall atau ke pasar
swalayan atau mall yang rencananya hanya membeli yang telah kamu tilis atau
inginkan ternyata sampai disana kamu belanja dari apa yang kamu rencanakan
diawal, atau bahkan saat mau ke mall yang rencananya cuman pengen jalan2
ternyata akhirnya belanja? ternyata pengelola mall atau pasar swalayan memiliki
trik khusus untuk pengunjung agar membelanjakan uang mereka lebih dari yang
direncanakan, apakah itu simak fakta-fakta dibawah ini.
1. Merubah letak barang-barang secara berkala
kamu datang dengan daftar belanjaan… Itulah yang paling
ditakuti para pengelola pasar swalayan. Tp ternyata mereka tidak kekurangan
akal. Rotasi saja letak rak-rak secara berkala. Hal ini akan membuat kamu
harus mencari letak barang yang
kamu beli, saat kamu mencari
barang yang kamu beli tentu saja kamu juga harus melewati barang-barang lain,
di sinilah pikiran kamu mulai
memanipulasi kamu untuk membeli barang
yang tidak kamu perlukan karena
terpengaruh tulisan “disc” dan “buy 1 get 1”
2. Memperbesar budget Kamu
kamu datang dengan batasan tertentu “Hari ini saya Cuma
boleh belanja Rp 300.000,00”, namun tentu saja
kamu tidak mungkin hanya membawa Rp 300.000,00 kan? Bahkan pada umumnya
pembeli juga membawa ATM atau kartu kredit.
Bagaimana cara memperbesar budget kamu ? Ternyata mudah.. Gunakan harga yang
tidak pas seperti Rp 12.890,00. Saat kita melihat satu harga seperti ini kita
akan langsung sadar bahwa sebenarnya harganya adalah Rp 13.000, rupiah. Namun
dengan banyaknya barang yang kamu beli
(dan seringkali untuk satu jenis tidak hanya satu), secara tidak sadar ketika
menjumlahkannya kamu akan membulatkannya menjadi Rp 12.000,00. Dan
jangan heran ketika kamu membayar kamu kaget karena uang kamu
menjadi kurang.
3. Ubin ukuran 30 x 30
Mungkin kamu sudah
pernah berkunjung ke Ma**o ataupun Af**, harga mereka bersaing, pengunjungnya
dulu juga banyak, tetapi mengapa mereka merugi? Jawabannya ada pada ubin
mereka. Mereka menggunakan cor semen polos untuk lantai mereka. Hal ini
menyebabkan para pengunjung yang berkunjung secara tidak sadar berjalan dengan
cepat. Berbeda dengan pesaingnya semacam Hyper***, mereka menggunakan ubin
ukuran 30×30, menurut riset inilah ukuran yang paling tepat untuk membuat para
pengunjung memperlambat langkah mereka dan menengok kanan kiri, para pengunjung
akan memperlambat langkah mereka karena mereka secara tidak sadar mengalami
guncangan-guncangan karena roda troli mereka melewati sambungan ubin.
4. Tidak semua kasir aktif
Ini juga trik cerdik mereka. Dengan jumlah kasir yang
sedikit akan mulai terjadi antrian, biasanya pengelola pasar swalayan mempunyai
pedoman bahwa panjang antrian harus sejumlah 7-9 orang. Jumlah antrian ini akan
membuat pengunjung merasa pusat perbelanjaan tersebut adalah pusat perbelanjaan
yang ramai. Selain itu sambil mengantri mereka juga akan melihat-lihat etalase
di samping kasir, antrian ini memperbesar kemungkinan mereka untuk membelinya.
5. Memajang snack dan permen di samping kasir
Ini trik tercerdik. Para pengelola memasang snack dan
makanan kecil di samping kasir setinggi mata anak balita. Balita yang ikut
mengantri dengan orangtua tentu akan sangat tergoda dan meminta kepada
orangtuanya untuk dibelikan snack tersebut.
Sumber: terheran.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar